Apa itu Dalil Naqli? Definisi Dalil Adalah? - DalilNaqli.com

Apa itu Dalil Naqli?

Umat Islam sering mengenal istilah dalil, dalil naqli, dan dalil aqli. Apa sebetulnya arti istilah-istilah tersebut?
dalil, dalil naqli, apa itu dalil naqli

Definisi Dalil

Dalam kitab Syakhsiyyah Islamiyyah, Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani rahimahumullah menyebutkan:

Dalil syara’ adalah hujjah, atas dasar bahwa hukum yang ditunjukkan tersebut adalah hukum syara. Acuan suatu hukum sehingga disebut sebagai hukum syara’ tergantung pada acuan tentang dalilnya. Berdasarkan hal ini dapat dikatakan bahwa pembahasan tentang acuan suatu dalil merupakan asal/pokok didalam standarisasi hukum-hukum syara’.

Adapun definisi naqli menurut bahasa adalah dari (نقل الشيء) yakni mengambil sesuatu dari satu tempat ke tempat lain, dan (نَقَلَة الحديث) yakni mereka yang menuliskan hadist-hadits dan menyalinkan nya dan menyandarkannya kepada sumber-sumbernya.

Apa saja yang termasuk dalil naqli? Dalil naqli yang diakui dalam Islam adalah:
1. al-Qur'anul Kariim
2. as-Sunnah

Berdalil pada al-Qur'an

Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad saw secara berangsur- angsur dalam tempo 23 tahun. Turunnya di berbagai tempat. Kadangkala beriringan, kadang ada jarak waktu. Akan tetapi turun secara bertahap, tidak sekaligus, karena adanya hikmah yang telah disebutkan Allah dalam al-Quran al-Karim:
وَقَالَ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْلَا نُزِّلَ عَلَيْهِ الْقُرْآنُ جُمْلَةً وَاحِدَةً ۚ كَذَٰلِكَ لِنُثَبِّتَ بِهِ فُؤَادَكَ ۖ وَرَتَّلْنَاهُ تَرْتِيلًا
Berkatalah orang-orang yang kafir: "Mengapa Al Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?"; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar).
(TQS al-Furqan ayat 32)

Al-Quran diturunkan kepada Rasulullah saw, kemudian diperintahkan untuk menghafalnya di dalam dada, dan menuliskannya di lembaran yang bisa ditulis, seperti kulit, dedaunan atau yang lainnya, juga pada tulang yang lurus memanjang, pelepah kurma atau pada batu tipis. Apabi la ayat-ayat telah diturunkan, beliau memerintahkan untuk meletakkan pada tempat kedudukan suratsuratnya.

Beliau berkata kepada para sahabat: ‘Urutkanlah oleh kalian ayat ini pada surat ini setelah ayat ini’. Mereka lalu meletakkan ayat tersebut sesuai pada tempat suratnya.

Dari Utsman ra berkata, adalah Nabi saw setelah menerima ayat-ayat, beliau bersabda: ‘Letakkan ayat ke dalam surat yang  enyebutkan tentang ini’ (HR Tirmidzi dan Abu Dawud).

Adapun Dalil ayat al-Qur'an bahwa al-Qur'an sebagai petunjuk adalah:
ذَٰلِكَ الْكِتَابُ لَا رَيْبَ ۛ فِيهِ ۛ هُدًى لِلْمُتَّقِينَ
Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa,
(TQS al-Baqarah ayat 2)

إِنَّ هَٰذَا الْقُرْآنَ يَهْدِي لِلَّتِي هِيَ أَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِينَ الَّذِينَ يَعْمَلُونَ الصَّالِحَاتِ أَنَّ لَهُمْ أَجْرًا كَبِيرًا
Sesungguhnya Al Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi khabar gembira kepada orang-orang Mu'min yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar,
(TQS al-Isra ayat 9)

وَيَوْمَ نَبْعَثُ فِي كُلِّ أُمَّةٍ شَهِيدًا عَلَيْهِمْ مِنْ أَنْفُسِهِمْ ۖ وَجِئْنَا بِكَ شَهِيدًا عَلَىٰ هَٰؤُلَاءِ ۚ وَنَزَّلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ تِبْيَانًا لِكُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً وَبُشْرَىٰ لِلْمُسْلِمِينَ
(Dan ingatlah) akan hari (ketika) Kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri dan Kami datangkan kamu (Muhammad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi orang-orang yang berserah diri.
(TQS an-Nahl ayat 89)

Berdalil pada as-Sunnah

Sunnah dan hadits adalah satu pengertian. Apa itu hadits? Apa itu sunnah?

Yang dimaksud dengan sunnah adalah seluruh apa yang datang dari Rasul saw, baik berupa perkataan, perbuatan maupun diamnya Rasul.

Termasuk ke dalam sunnah hadits-hadits mauquf yang datang dari para sahabat. Mereka hidup bersama-sama Rasulullah saw, mereka mendengar dan menyaksikan sendiri gerak gerik beliau, kemudian mereka berbicara berdasarkan apa yang telah mereka lihat ataupun apa yang telah mereka dengar.

Allah memerintahkan as-Sunnah atau hadits sebagai dalil syara' sebagaimana firmannya:
  وَمَا يَنْطِقُ عَنِ الْهَوَىٰ . إِنْ هُوَ إِلَّا وَحْيٌ يُوحَىٰ
dan tiadalah yang diucapkannya itu (Al-Quran) menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).
(TQS an-Najm ayat 3-4)

referensi:
Taqiyuddin an-Nabhani, Syakhsiyyah Islamiyah jilid 1
umroh dot com: pengertian-dalil-naqli

Text al-Qur'an dicopy dari tafsirq dot com

0 Response to "Apa itu Dalil Naqli? Definisi Dalil Adalah? - DalilNaqli.com"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel